Wednesday 30 April 2014

Cepat.. !! Matikan Captcha di Blog

 

Selamat malam ataupun Siang teman-teman, izinkan saya sedikit berbagi cerita hari ini.
Menurut kalian apa sih manfaat Blog itu?
Hehehe, tentu pertanyaan ini sangat mudah dijawab bukan?

Saya pun kalau ditanya seperti itu akan menjawab : Buanyaakk..
Nah dari banyaknya itu, saya ingin sedikit mempersempitnya menjadi dua saja.
Apa itu?

Yaitu Media Komunikasi dan Informasi.
Disini kita bahas Masalah Komunikasinya, terutama antara Penulis dengan Pembaca, antara Blogger dengan Blogger lainnya.

Nah biasanya media tempat berkomunikasi itu salah satunya yah di kolom komentar pada Blog.
Dan seperti judul tulisan ini, hari ini saya resmi menghilangkan fitur Captcha pada Blog saya ini.

Dulunya , saya berpikir dengan memasang fitur Captcha ini bisa meminimalkan komentar-komentar yang berbau spammer. Dan nampaknya itu berhasil. Tetapi cerita menjadi lain ketika salah seorang pembaca blog ini dengan baik hati meminta ke saya untuk menghilangkan fitur ini (Captcha).

Alasannya sederhana, katanya jika captcha ini ada,  bakal membuat orang “kurang bersemangat” untuk berkomentar di Blog ini.

Saya jadi ingat bahwa urusan komentar-komentar ini, saya menggunakan dua lapis “Pertahanan”

Pertama, yah Captcha itu sendiri.
Kedua, saya juga mengaktifkan moderasi pada setiap komentar yang masuk.

Akhirnya tanpa berpkir 1000 kali, cukup dua  atau tiga kali berpikir hari ini juga saya hilangkan fitur Captcha ini.
Saya cukup mengandalkan layanan moderasi saja untuk mengamankan kolom Komentar di Blog ini dari komentar-komentar yang berbaut Robot. Hehehe

Jadi, adakah teman-teman masih menggunakan Captcha?

Sedikit tutorial singkat yang sesingkat-singkatnya :)  buat menonaktifkan Captcha pada Blog berplatform Blogspot (Tutorialnya banyak kok di Google)
Pada menu Setelan >  Pos dan Komentar.
Cukup mengubah dari Iya menjadi Tidak pada bagian “Tampilkan Verifikasi Kata”

Screenshot




Sekian dulu, terima kasih sudah membaca tulisan ini kawan :)

3 comments:
Tulis komentar
  1. Nice article. Captcha sering emang bikin repot teman yg mau komen. Apalagi kalau inetnya sedang lola, makin lama jadinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah mampir mbak,

      wah tambah hilang semangatnya kalo inet sudah lola hehee

      Delete
  2. Kayak di Kaskus aja pake capca.

    ReplyDelete