Wednesday 31 December 2014

Spartan : Pengganti Internet Explorer (IE)

 

Bagi anda penggemar browser Internet Explorer, browser yang telah terpasang secara default di Produk Microsoft selama lebih dari 20 tahun, anda harus bersiap-siap untuk tidak lagi menggunakannya di sistem operasi Windows 10.

Kabarnya di Windows 10 nanti, Microsoft akan memperkenalkan Browser terbaru mereka yang memiliki banyak kesamaan dengan Mozila Firefox dan Google Chrome namun berbeda dengan Internet Explorer.

Browser tersebut diberi Nama Kode, “Spartan” .  Browser baru dengan dukungan banyak ekstensi ini dibangun  Engine Chakra Javascript.  Browser akan digunakan pada Windows 10 baik versi mobile maupun versi Dekstop, hanya saja untuk versi dekstop, Spartan akan digabungkan denga Internet Explorer untuk menangani beberapa masalah pada kompabilitas.


Apakah bisa digunakan di Sistem Operasi Lain?

Sampai saat ini belum dijelaskan, apakah nantinya Spartan bisa digunakan di Sistem Operasi selain Windows, seperti  di Android, Linux atau OSX. Kalaupun sampai terjadi, maka bisa dikatakan mereka meniru Mozila Firefox dan Google Chrome yang sudah sangat terkenal karena sifatnya yang Free.

Dan perlu diperhatikan juga, kabarnya browsers baru ini dibangun tidak dengan menggunakan Webkit. Jika benar, maka sudah pasti Browser baru ini tidak mungkin dipasarkan melalui Apple's App Store. Karena Apple, pada pedoman mereka, mensyaratkan penggunaan webkit iOS  dan webkit Javascript untuk setiap aplikasi penelusuran web.

Untuk penamaannya sendiri, Spartan. Belum dijelaskan apa maksudnya, hanya saja, sepertinya nama tersebut adalah nama kode proyek.


Mari kita nantikan saja peluncurannya.

No comments:
Tulis komentar