Tuesday 20 September 2016

Buat kamu para Pembelajar, 3 tingkatan belajar ini wajib kamu ketahui.

 

Sebagai seorang individu, makhluk sosial atau siapapun kamu, belajar adalah sebuah kemutlakan. Rasa-rasanya adalah normal ketika seseorang ingin menjadi lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya.

Dari tidak mengetahui menjadi mengetahui, bisa jadi ini menjadi salah satu parameter bergeraknya seseorang dari keadaannya kemarin ke keadaannya hari ini. Lebik baik?. Bisa jadi.


Sebagai seorang pembelajar, apapun tipe belajarmu, kamu wajib mengetahui 3 tingkatan dalam belajar yang semoga menjadi refleksi kamu terhadap keadaanmu saat ini.

Mari kita telusuri satu per satu.


1. Tingkat pertama, Dia akan sombong.
Buat kamu para Pembelajar, 3 tingkatan belajar ini wajib kamu ketahui.

Seorang pembelajar, di awal dia belajar akan merasakan kesombongan atas apa yang dia ketahui sebelum akhirnya dia sadar ternyata di atas langit masih ada langit. Yups, bisa jadi hal ini terjadi karena masih minim pengalaman dan pengetahuan.


2. Tingkat Kedua, Dia akan rendah hati.
Buat kamu para Pembelajar, 3 tingkatan belajar ini wajib kamu ketahui.

Di tingkat ini ia sudah lebih baik dari tingkat sebelumnya. Seiring bergulirnya waktu dan semakin banyak hal yang ia pelajari, membuatnya mengetahui betapa sedikitnya apa yang selama ini ia ketahui. Untuk sampai ke tingkat ini, kuncinya adalah konsistensi dalam belajar. Titik.


3. Tingkat terakhir, Dia akan merasa dirinya tidak ada apa-apanya.
Buat kamu para Pembelajar, 3 tingkatan belajar ini wajib kamu ketahui.

Nah kita sudah sampai di tingkatan paling puncak. Di tingkat ini lahirlah kesadaran yang begitu tinggi. Kesadaran akan ilmu yang ia pelajari. Kesadaran akan posisinya terhadap ilmu yang dia pelajari. Kunci penting di tingkat ini adalah kesadaran bahwa semakin banyak yang ia ketahui, membuatnya sadar bahwa banyak hal yang belum dia ketahui.


Gimana? Bisa dibedakannya yah? Semoga informasi di atas menjadikan kita untuk bisa melihat ke diri kita masing-masing. Mengetahui posisi kita udah dimana dan paham untuk terus menaikkan diri kita ke tingkat yang lebih tinggi.

Salam hangat dari saya untuk kamu dan keluarga.

No comments:
Tulis komentar