Sunday 12 June 2016

Belajar bahasa Inggris pakai Trello

 

Melalui tulisan ini saya mau berbagi pengalaman saya menggunakan Trello untuk belajar Bahasa Inggris. Trello sendiri merupakan sebuah aplikasi yang secara sederhana berfungsi untuk membantu kita dalam manajemen pekerjaan atau pembelajaran kita, tersedia dalam bentuk web maupun Aplikasi Native.


Anda bisa registrasi dan menggunakannya melalui alamat trello.com.

Screenshot 2016-06-12 at 20.57.16.png

Penggunaannya pun cukup sederhana, saya mengambil contoh dari akun saya. Saya cukup menambahkan list-list apa saja yang ingin saya pelajari. Kemudian setiap list saya menambahkan Card, sebagai contoh untuk Vocabulary saya menambahkan foto untuk kosakata yang baru saya ketahui.
Screenshot 2016-06-12 at 21.04.12.png

Selain itu yang membuat Trello ini sangat keren karena memiliki banyak fungsi:
  • Menyimpan catatan
  • Memberikan kategori pada masing-masing catatan
  • Menyimpan link yang bermanfaat
  • Menyimpan foto dan video
  • Menyimpan File


Kita juga dapat berkolaborasi dengan teman kita misalkan, dia bisa mengakses salah satu catatan yang kita miliki sehingga dia juga menambah atau mengoreksi. Klik “Add Members” pada list yang ingin kita bagikan.

Untuk mendukung pembelajaran saya terhadap bahasa Inggris, saya juga menggunakan Trello ini untuk :
  • Menyimpan Pdf, misal pdf yang berisi tata bahasa
  • Menyimpan alamat website yang berguna
  • Menyimpan link-link Video yang bagus
  • Menuliskan kosakata baru atau frasa baru

Sebenarnya masih banyak hal lain dari Trello yang bisa digunakan, saya harap kamu mempertimbangkan untuk menggunakannya. Dan mencoba berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

2 comments:
Tulis komentar
  1. Saran dari saya mam, coba kamu buat boardnya lebih teratur seperti yang done, progress atau no finish bisa tambah ideas juga..
    ini bisa dipakai selain untuk software nama" board yang biasa saya pakai :)

    ReplyDelete
  2. Thanks banget sarannya, dalam beberapa hal memang saya memikirkan untuk membaginya menjadi Do, Doing, Done.

    ReplyDelete