Saturday 21 September 2013

Sedikit tentang openSUSE (my OS)

 


Distro Linux yang pertama kali saya instal di Laptop saya adalah openSUSE 12.2. Entah kenapa di awal-awal saya mengenal Linux, saya langsung tertarik menggunakannya. Mungkin ini yang dinamakan Cinta pada  pandangan Pertama... tsah....

Sedikit yang saya ketahui tentang openSUSE adalah Distro yang dikembangkan oleh Proyek Komunitas yang juga didukung oleh Novell. Tujuan utama dari proyek ini, yang saya baca juga di blognya, ada 3 tujuan utama.

  1. Menjadikan openSUSE sebagai distro paling mudah didapatkan oleh siapa saja yang mau menggunakannya.
  2. Menjadikannya sebagai distro paling banyak digunakan
  3. Membuat openSUSE, distro yang paling berguna di dunia dan membuat openSUSE platform pilihan bagi pengembang Linux dan vendor perangkat lunak.
Sedikit deskripsinya  mungkin yang bisa saya paparkan
  1. Type OS : Linux
  2. Buatan Jerman
  3. Arsitektur : i586 danx86_64
  4. Dekstop: GNOME, Blackbox, KDE, LXDE,Openbox, WMaker dan Xfce
  5. Kategori: Dekstop, Server, Live Medium, Raspberry Pi.
Adapun untuk diskusi tentang openSUSE bisa di http://en.opensuse.org/openSUSE:Communication_channels  dan bagi siapapun yang mungkin menemukan suatu masalah pada distro ini, alangkah bagusnya untuk melaporkannya disini http://bugs.opensuse.org/.

Kalau dari repo lokal buat mendownload iso openSUSE bisa disini http://kambing.ui.ac.id/.

Sedikit dari tulisan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membacanya.


2 comments:
Tulis komentar
  1. Bismillahirrahmanirrahim.

    Posting antum kurang meyakinkan. Skrinsot openSUSE sebaiknya disertakan juga.

    ReplyDelete