Tuesday 25 July 2017

Google Translate gunakan Neural machine translation. Lebih mengalir dan alami hasil terjemahannya.

 


Setengah dari halaman web di dunia menggunakan Bahasa Inggris, tetapi kurang dari 15 populasi global yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Utama atau sekunder di negara mereka. Makanya tidak mengejutkan apabila perambaan Chrome’s built-in Translate secara fungsional menjadi fitur paling disukai. Setiap hari pengguna Chrome menerjemahkan lebih dari 150 halaman web dengan hanya sekali klik atau membuka tap.


Tahun lalu, Google Translate memperkenalkan Neural machine translation yang menggunakan deep neural networks untuk menerjemahkan keseluruhan kalimat, bukan hanya frase, sehingga dapat diketahui terjemahan yang paling relevan. Tim pengembang sampai saat ini telah melakukan perbaikan pada Chrome’s built-in Translate secara bertahap untuk menghasilkan hasil yang lebih berkualitas, terjemahan yang lebih akurat dan juga mudah untuk dibaca.


Saat ini, Neural machine translation akan digunakan untuk menerjemah ke lebih dari sembilan bahasa. Neural machine translation akan digunakan untuk sebagian besar halaman dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau pun sebaliknya dan juga delapan bahasa lokal India : Bengali, Gujarati, Kannada, Malayalam, Marathi, Punjabi, Tamil dan Telugu.

Dari Kiri : Halaman web  dalam bahasa Indonesia; Halaman yang diterjemah ke bahasa Inggris tanpa neural machine translation; Halaman yang diterjemah ke Bahasa Inggris menggunakan neural machine translation. Seperti yang dapat kita lihat, penerjemahan setelah menggunakan neural machine translation lebih mengalir dan natural.


Penambahan sembilan bahasa ini melengkapi bahasa lainnya yang telah diaktifkan menggunakan Neural machine translation di Chrome yang sejauh ini berjumlah lebih dari 20 bahasa. Kamu bisa menerjemah dari dan ke Inggris ke China, Prancis, German, Hebrew, Hindi, Jepang, Korea, Portugis, Thai, Turki, Vietnam dan Spanyol.


Pengembang Google Translate terus berusaha agar ke depannya lebih banyak bahasa yang dapat diterjemahkan memanfaatkan kemampuan Neural machine translation.



Semoga bermanfaat.





















Sumber :  Blog.google.com, translate.google.com

No comments:
Tulis komentar