Thursday 27 October 2016

Hari ketiga Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA - Penyaluran kupon pemeriksaan gratis-

 

Hari ketiga Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA - Penyaluran kupon pemeriksaan gratis-

Hari ini saya kebagian tugas untuk membagi kupon-kupon khusus program pemeriksaan kesehatan. Dari pintu rumah ke pintu rumah, istilah kerennya door to door.
Dengan kupon tersebut, siapapun warga yang mendapatkan berhak untuk melakukan pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan asam urat dan gula darah.

Saat membagikan kupon ini macam respon masyarakatnya, ada yang dengan sangat semangat menerimanya.
"wah, harus saya datang ini" kata seorang Bapak yang saya temui.
"dimana? jam berapa?" tanya seorang Ibu yang sedang membakar ikan saat menerima kupon ini.

Ada juga yang merespon dengan biasa saja.
"kayaknya besok saya sibuk, tidak bisa datang" ujar seorang Wanita tengah baya yang saya temui di salah satu rumah.

Macam-macam lah responnya dan unik hehe.

Membagi kupon


Dengan tugas ini juga saya bisa menjelajahi sebagian besar sudut-sudut dari Desa Wapia-pia dan Desa Waha.

Setelah hampir seharian keliling desa, saya memilih untuk sedikit istirahat di Pantai Cemara yang terdapat di desa Wapia-pia. Pantai ini terkelola sangat baik, saya coba kenalan dan bertanya ke salah satu petugas di pantai ini, namanya Mas Oneng.

Hasil nanya-nanya saya:
- Pantai Cemara ini dikelola oleh pihak swasta.
- Tersedia jasa speed boat, ada jalur ke pulau Hoga dan keliling seputar pesisir pantai di desa Wapia-pia, Waha dan Sombu dengan biaya sekitar 300.000 berkapasitas 20 orang.
- Kita juga bisa menyewa perahu kecil milik warga, untuk biayanya tinggal diskusi saja dengan pemilik perahu.

Selepas jam 9 malam, team melakukan rapat persiapan untuk kegiatan esok harinya dengan agenda program pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat yang bertempat di SMK 1 Wangi-wangi.

Hasil rapat saya mendapatkan tugas untuk melakukan pembagian Makanan Pengganti ASI untuk anak Usia 6 - 12 bulan dan Susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun. Untuk cerita ini tugas saya yang ini, akan saya tulis di postingan selanjutnya.. Bye.

No comments:
Tulis komentar