Tuesday 12 September 2017

Hari Keenam Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 tim 1 Sultra | Antara Buku dan Pembaca : Yang ditakdirkan bertemu pasti bertemu.

 

Salah satu program unggulan yang wajib adalah Teras baca. Pada Ekespedisi Nusantara Jaya Sultra 2016, teras atau taman baca dibangun dan diresmikan di desa Mola Bahari yang infonya bisa teman-teman baca disiniSaya baru sadar, peresmian teras baca Towea dan Taman Baca Wakatobi sama-sama tepat hari keenam setelah mengecek postingan tahun lalu.
Nah untuk teras baca di Ekspedisi Nusantara Jaya Sultra 2017 dibangun dan juga diresmikan di Desa Wangkolabu, Kecamatan Towea, Kabupaten Muna.

Sepengetahuan saya, hampir seluruh tim ENJ 2017 Sultra melaksanakan program ini. Membaca adalah salah satu pintu terbukanya wawasan anak bangsa terhadap ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan, kita harapkan anak-anak ini berani untuk bermimpi besar dan mewujudkan setiap mimpi mereka kelak.

Ketika masih penggalangan donasi buku ini, saya ada sedikit cerita. Saya punya seorang kawan, yang pada hari itu sedang membereskan rumahnya. Tak terkecuali dengan buku-buku pelajaran yang dia gunakan dahulu waktu masih bersekolah. Dia ingin menyumbangkan buku tersebut, tapi entah kemana.


Di saat kebingungan seperti itu, ternyata ada salah satu anggota tim kami yang memposting donasi buku ini. Di group yang sama dengan temanku, akhirnya dia baca. Dan.... ketemulah yang harusnya bertemu. Buku dan pembacanya.

Adalah Pak Maslin, Sekdes Wangkolabu yang bersedia menjadikan teras rumah beliau untuk didesain dan dipasangkan rak-rak buku. Adapun buku-bukunya, kami dapatkan dari berbagai sumber baik dari individu-individu maupun instansi yang menyumbangkan buku-buku mereka.

Semoga kebaikan para donatur ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Pulau Towea. Teras baca ini diresmikan langsung oleh Camat Towea, dihadiri juga Kepala Desa dan Sekretaris Desa Wangkolabu serta Kapolsek Towea.



Sebagai penutup acara Peresmian Teras Baca ini, ada pembagian souvenir yang berasal dari sumbangan teman-teman dari Komunitas Turun Tangan Medan. Jaazakallahu khairan katsiran yah teman-teman Turun Tangan Medan



Pagi harinya sebelum peresmian Teras baca di siang hari, kami mengadakan kegiatan pemeriksaan Kesehatan untuk masyarakat nelayan di Pulau Towea. Bekerjasama dengan teman-teman dari Nusantara Sehat. 
 



Hari ini juga 2 peserta harus pulang lebih awal. Ada Ender yang harus pulang karena akan mengikuti wisuda dan ada Dian yang juga harus balik ke Medan. Once again, Happy Graduation our Gender Antropolog and take care in your adventure our Heroine from North Sumatra.

Tepat setelah rangkaian acara hari ini selesai. Satu-satu peserta mulai drop, sebenarnya sudah beberapa hari ini sudah ada yang kena gejala flu, kelelahan dan sebagainya. Mungkin besok bakal diagendakan kegiatan-kegiatan ringan saja sambil recovery fisik para peserta.


Berikut ini kuterbitkan beberapa foto-foto buku sumbangan para donatur. Semoga Kebaikan kalian semua, berbalas dengan semakin baiknya pendidikan Indonesia.

Perjuangan untuk Indonesia lebih baik tidak boleh berhenti disini. Dimana pun kau berada, berikanlah yang terbaik karena KITA adalah Indonesia.











No comments:
Tulis komentar