Friday 3 January 2014

3 Video Editor Top di Linux

 



Banyak alasan mengapa pengguna komputer memilih distribusi Linux sebagai sistem operasi mereka. Ada yang memilih sebagai platform produksi multi media karena fleksibel, efisien dan aman.


Kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas beberapa perangkat lunak editing video berkualitas tinggi di Linux. Mungkin di antara teman-teman pembaca ada yang sudah lama tahu tentang ini, tapi ada lebih banyak pengguna baru Linux saat ini, so,, mari kita mulai dengan...

OpenShot

Banyak pengguna Linux menyukai OpenShot. Mungkin bagi videographers profesional ini biasa saja, tetapi bagi saya Openshot ini sangat mengesankan karena memiliki antarmuka pengguna yang bersahabat dan memiliki fitur yang sangat berguna. OpenShot menjadi pilihan pertama ditulisan ini sebagai video editor karena kemudahan penggunaan dan fitur yang dipilih dengan baik.

Mendukung video dengan defini tinggi, Blu-Ray, 3D, integrasi video, audio dan semua efek yang biasa digunakan seperti title bergulir (scrolling titles), memudar, perubahan kecepatan. Audio mixing, ekspor ke beberapa format tingkat kualitas dan termasuk Youtube dan Vimeo. Openshot saat ini dibawah pengembanga aktif dan memiliki dukungan dari komunitas. Mungkin ini program video editor yang Anda butuhkan?

Kita lanjut.....


Blender

Blender adalah pencipta grafis dan animasi komputer 3D yang luar biasa canggih. Mendukung berbagai macam kemampuan high-end, karakter bagus, efek fisika realistis asap/kabut/gas dan gerakan realistis dari objek dan karakter serta memiliki efek cahaya yang sangat baik.






Cinelarra

Cinelarra adalah software editing video untuk produsen video yang membutuhkan kemampuan lebih dari Openshot dan yang menginginkan software video editor profesional asli Linux yang mendukung resolusi tinggi untuk video dan audio, dan juga fitur seperti kompresi, normalisasi, efek realtime, keseimbangan warna, membalik gambar, teks untuk film dan banyak lagi. 

Cinelarra memiliki kelebihan pada integrasi video dan audio dan membuatnya mudah untuk dikontrol dan sinkronisasi. Blender dan Cinelarra dapat bekerjasama dengan baik: buat animasi yang indah di Blender , kemudian mengintegrasikannya ke dalam sebuah film di Cinelarra

Cinelarra memiliki dua versi: versi komunitas dan versi komersial. Setiap enam bulan pengembang Cinelarra merilis kode sumber (source code) Cinelarra terbaru. Tidak semua repositori distro menyediakannya, tetapi pengembang Cinelarra membundel Cinelarra ke dalam distro Arch, Debian, Fedora, Ubuntu dan lain-lain.



Tentu masih ada banyak video editor lain di Linux, selain yang saya sebutkan diatas. Ada Avidemux, Kdenlive, PiTiVi dan Lightworks untuk Linux.

Semakin hari pengguna Linux semakin bertambah. Mungkin Anda selanjutnya?




No comments:
Tulis komentar