Wednesday 15 January 2014

Giveaway Kolaborasi: inilah impianku.

 

Assalamualaikum.

Berbicara tentang impian, berarti kita berbicara tentang sesuatu yang ingin kita capai. Sesuatu itu bukanlah impian jika tak ada langkah konkrit untuk menggapainya. Karena bagi saya, impian itu mesti kita perjuangankan sekeras apapun usaha kita. 
Berhasil atau gagal, bukan menjadi pertanyaan. Keduanya hanyalah akibat dari proses yang kita jalani.

Impian selalu nyata, begitu dekat, hanya saja kita terbatasi oleh dinding perjuangan . Dimana dinding tersebut mesti kita runtuhkan demi menggapai impian kita. Dinding tersebut tidak akan runtuh hanya karena palu godam yang besar atau alat berat yang biasa digunakan pekerja bangunan. Tetapi dinding tersebut hanya runtuh jika kita berhasil menunjukkan seberapa pantasnya kita memilki impian tersebut kepada Sang Pemilik Impian.

Awalnya saya sedikit ragu untuk menuliskan impian-impianku di blog ini. Tapi dengan pertimbangan bahwa akan banyak orang lain yang akan membaca tulisan ini. Tentu akan membuat saya malu jika suatu saat semangat saya mundur. Ini akan menjadi pengingat bahwa saya telah mengumumkan kepada dunia dan saya harus berusaha semaksimal mungkin untuk meraihnya. Apapun yang terjadi!

Inilah impianku.

Programmer PHP
[Image]
Pertama kali dengar nama bahasa pemrograman php, itu ketik saya memperhatikan url dari akun facebook ku. Saya biasa lihat file-filenya berakhiran .php. Setelah membaca referensi-referensi, saya jadi tahu kalau php bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web. Banyak web terkenal yang dibuat dengan php seperti facebook dan wordpress.

Jadi salah satu impianku itu ingin menjadi programmer web php. Alasan saya sederhana, jika saya nanti menguasai php, saya bisa membuat web yang bermanfaat bagi banyak orang.

Hal yang telah saya lakukan untuk menjadi seorang programmer php ini, saya mulai belajar hal-hal mendasar dari bahasa php, belajar logika dan menamatkan buku pelajaran tentang php. Dan paling penting yang harus saya lakukan adalah LATIHAN.

Latihan terus menerus, kata senior saya yang udah expert, dapat membuat kita terbiasa dan mudah dalam mempelajarinya. Learning by doing!





Penulis
Menulis menjadikan kita berarti. Suatu saat kita semua pasti akan pergi dari dunia ini. Dan saya sangat meyakini itu. Saya tidak ingin kelak jika saya tiada, saya tidak mewariskan apa-apa kepada generasi sesudah saya.

Orangtua saya pernah berpesan kepada saya.
“Nak, Ayah sama ibu ini tidak punya harta yang dapat diwariskan. Jadi mulai sekarang belajarlah sungguh-sungguh karena hanya itu yang ayah dan ibumu bisa wariskan sama kamu. Itu ilmu.”

Dan saya berharap diberikan kesempatan untuk senantiasa belajar, belajar dan belajar. Dan berbagi kepada sesama.

Menjadi seorang penulis merupakan cara yang ingin saya tempuh untuk bisa berbagi kepada sesama. Nilainya kekal, meski raga tak lagi ada, meski tulang telah hancur ditelan bumi. Jika kita menuliskan sesuatu dan generasi setelah kita masih memanfaatkannya. Niscaya kita menjadi seorang yang bermanfaat.

Hal yang telah saya lakukan untuk menjadi seorang penulis adalah saya mulai sedikit-sedikit menulis novel, yang entah karena masih belajar baru beberapa lembar yang saya tulis. Menurut saya dengan kita menuliskan novel, kita bisa bercerita kepada siapapun, memotivasi orang lain dari cerita yang kita tulis. Tentu masih banyak karya fiksi yang dapat kita tulis semacam puisi, cerpen dan lain-lain. Tapi saya lebih fokus untuk belajar menulis novel. Berharap gabungan peristiwa kehidupan dapat bersatu dalam imajinasi yang tertuang dalam bahasa yang indah.

Dan saya juga memiliki impian untuk menulis karya non fiksi, dengan latar belakang mahasiswa Informatika. Dengan ilmu yang masih sedikit, saya mencoba menuliskan tutorial-tutorial sederhana yang orang lain bisa memanfaatkannya. Bisa jadi jika tutorial sederhana ini nantinya jumlahnya banyak, mungkin saja bisa dibukukan :) .



Blogger
[Image]
Yap, saya mantap memilih blogger. Apapun platform blog yang digunakan. Dunia internet makin hari makin berkembang. Dengan berbagai kemudahan saat ini, kita bisa berbagi melalui blog kita.

 Apakah itu tutorial sederhana seperti yang saya sebutkan tadi, pengalaman kita ketika mengunjungi tempat yang indah dan mengagumkan serta masih banyak lagi yang bisa kita ceritakan.

Melalui media blog inilah kita bisa saling bersilaturahmi. Melalui media blog pula saya banyak belajar bukan hanya ketika membaca postingan teman-teman blogger, tetapi ketika ingin menuliskan postingan (tentang tutorial misalnya) pun itu mesti diperiksa dulu sama teman-teman yang lebih ahli baru diposting. Dan meski pun sudah posting, jika didalam tulisan kita itu ada yang perlu dikoreksi, akan banyak masukan dari teman-teman pembaca yang akan memberikan saran dan kritikan, entah dengan cara yang santun ataupun tidak. :p


Hal yang ingin saya lakukan untuk menjadi seorang blogger yang baik, seperti ikut Giveaway (GA) yang sering diadakan teman-teman blogger. Sebagai blogger pemula, tentu “jam terbang” saya dalam menulis masih minim. Saya mensiasatinya dengan berusaha ikut GA, dengan begitu saya tau apa yang mesti saya tulis. Karena setiap GA kan pasti ada temanya, jadi tinggal cari bahan saja setelah itu ditulis.

Jadi, siapapun yang punya hajat GA atau lomba blog dan semacamnya, jangan lupa yah infokan ke saya juga. Saya punya akun facebook kok.

Atau saya juga mengikuti beberapa Fanpage fb tentang berbagai macam hal sepeti tutorial Linux, OpenSource dan lain-lain yang rata-rata berbahasa inggris. Jadi jika saya sudah baca dan praktekkan, saya akan berusaha menuliskannya dalam bahasa Indonesia.

Apakah saya jago bahasa inggris? Saya katakan TIDAK.

Saya hanya memanfaatkan semacam Google Translate untuk menerjemahkanya kemudian menuliskannya sesuai dengan gaya bahasa saya sendiri. Ada beberapa tutorial yang telah saya tulis hasil dari membaca blog blogger luar negeri kemudian mempraktekkannya lalu menuliskannya kembali.



Itulah garis besar impian saya. Saya ingin dikenal oleh dunia, bukan karena keturunan siapa atau saya sekolah dimana. Tetapi saya ingin dikenal karena ilmu yang saya miliki yang memberi manfaat bagi banyak orang.


Terima kasih telah membaca kawan dan tentu saya mohon doanya agar impian saya ini terwujudkan.



giveaway-kolaborasi-banner-ii

6 comments:
Tulis komentar
  1. semoga terwujud ya jd programer php,,, trus setelah jadi penulis blog mudah2an bisa bikin buku tutorial bikin web php mungkin...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih doanya, n terima kasih udah mampir :)

      Delete
  2. amin.. semoga impiannya dapat tercapai..
    makasih ya udah ikutan GA kolaborasi..

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. terima kasih amin nya.

      iya sama2, GA ini bagus sekali
      salam

      Delete
  3. programmer + penulis. keren nih, semoga terwujud bang.. amin

    salam kenal dari saya, rainbowmaniswriting.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas Hafidh Riza Rainbowman. atas doanya.

      salam kenal juga dari saya *salaman*

      Delete