Saturday 12 October 2013

Kegiatan “Hackday”

 

Pagi tadi (12/10/2013) kami dari komunitas Antartika (Antero Teknik Informatika) mengadakan kegiatan “Hackday” dengan bertemakan “Easy Hacking with Opensource”.

Bertindak sebagai panitia toh juga tidak membedakan kami dengan para peserta. Intinya sama saja, di kegiatan ini karena kami panitia juga masih awam maka kesempatan ini kami gunakan sebaik-baiknya untuk belajar banyak dari para senior.


Adapun pemateri dari kegiatan ini sendiri:

Bang Yophy dengan lugas mempresentasikan pentingnya keamanan komputer, juga menjelaskan tentang md5 yang berkaitan tentang enkripsi data. Kesempatan in juga bang Yophy sedikit membocorkan tugas akhir yang memang berbicara tentang keamanan.

Bang Fadhel menjadi pemateri kedua dengan memperkenalkan ke para peserta salah satu web untuk belajar hacking. Web yang dimaksud yakni hackertest.net, yang isinya memiliki beberapa soal dengan jenjang berlevel-level.

Bang Arhy said, ketua Relawan TIK Kota Kendari, membawakan materi internet sehat dan aman.  Dan sebelum menutup presentasinya, Bang Arhy sedikit menjelaskan tentang materi Sql Injection.

hackday
pictsource: twitter.com/hackday



Bang Suba (Mahmud Subaena Tinggasa), membawakan materi tentang pengetahuan dasar yang harus dimiliki untuk Hacking. Dari yang saya catat, yang mesti dipelajari untuk bisa melakukan Hacking:

  • Pelajari sistem operasi (Linux is recommended, sorry but wajib)
  • pelajari jaringan
  • pelajari Bahasa pemrograman (dititik beratkan pada logika)
  • pelajari internet


Terakhir, Bang Dhymaz. Membawakan materi tentang Metasploit dan schemfuzz . Dua tools  yang sangat powerfull. Biasa digunakan untuk menguji ketahanan suatu sistem utamanya exploit sistem operasi dan keamanan basisdata.

Adapun dokumentasi, bakalan menyusul.

Intinya dari kegiatan ini, saya banyak sadar kalau ternyata ilmu saya terutama berkaitan dengan hacking, sangat jauh dibawah nol. Kita semakin paham bahwa banyak hal yang harus saya kuasai. Dan kabar baiknya, itu semua belum terlambat masih ada kesempatan untuk belajar. 

Terakhir buat semua pemateri, teman-teman panitia dan juga peserta, thanks buat partisipasinya. 

Mudah-mudahan kedepan kita bisa buat kegiatan lagi.


3 comments:
Tulis komentar
  1. Hmmm ... jadi .. mau serius belajar hacking atau ngeblog? #eh? :D
    Salam kenal yah, makasih sudah main ke blog saya ...

    ReplyDelete
  2. hheehehe, dua2nya mbak .

    bisa berbarengan kan? :)

    ReplyDelete
  3. wiih boleh dong mas imam saya belajar... hacking nya.. dari dulu saya pengen banget belajar.. tuh.. :)

    ReplyDelete